6 Cara Membersihkan Tas yang Berjamur – Bisa Seperti Baru Lagi

Dita Aditya Putri

6 Cara Membersihkan Tas yang Berjamur - Bisa Seperti Baru Lagi

Cara Membersihkan Tas yang Berjamur – Tas yang jamuran itu nggak banget deh. Paham kan kalau urusan tas yang berjamur tuh bikin ribet? Jamur dan lumut bikin tas jadi berbau nggak enak dan kelihatan kurang apik, kan?

Tapi, gak usah panik dulu, beb. Nggak perlu langsung lempar tas ke tempat sampah. Ada beberapa trik alami yang bisa kita coba buat hilangin jamur dan bikin tas kembali kinclong.

Jadi, menurut sumber dari Wikihow.com, jamur tuh nggak cuma bikin tas rusak dan kelihatan kotor aja, tapi juga bisa bikin lapisan kulitnya jadi pudar, warna jadi aneh, plus bau yang kurang sedap.

Gimana Cara Membersihkan Tas yang Berjamur Jadi Bersih Lagi?

Tapi, santai aja, membersihkan tas kulit dari jamur itu ternyata bisa pake cara-cara yang simpel loh, kayak yang bakal kita bahas berikut ini.

1. Bersihin Pakai Spons atau Sikat Lembut

Kalau tas udah terlihat ada bercak-bercak putih yang kemungkinan jamur, yang pertama kita bisa lakukan adalah membersihkannya pakai spons cuci piring atau sikat yang lembut. Gosok aja perlahan-lahan di bagian yang kena jamur sampai bersih.

2. Cara Membersihkan Tas yang Berjamur dengan Soda Kue

Nih, kita bisa manfaatin bubuk soda kue buat menghilangkan dan mencegah pertumbuhan jamur di tas. Taburkan bubuk soda kue ke bagian yang berjamur, biarkan selama 24 jam.

Cara Membersihkan Tas yang Berjamur - membersihkan tas kulit
Cara Membersihkan Tas yang Berjamur dengan Soda Kue

Lalu, gosok lembut pakai spons yang udah dibasahi air. Bilas sampai bersih dan jemur tas di tempat yang berangin.

3. Pakai Detergen atau Sabun Cair

Setelah berhasil ngebersihin jamur, kita bisa lanjut ke langkah berikutnya. Campur air dengan detergen atau sabun cuci cair yang lembut, lalu oleskan campuran itu ke seluruh bagian tas yang bermasalah.

Biarkan beberapa menit supaya campuran ini bekerja dengan baik. Selanjutnya, bilas tas pakai air bersih, lalu keringin pakai handuk atau kain lembut.

Penting banget ya, pastikan tas benar-benar kering sebelum disimpan lagi. Soalnya, kalau masih lembap, bisa jadi tempat tumbuhnya jamur lagi.

4. Membersihkan Tas Kulit dengan Handbody

Cara membersihkan tas kulit dengan handbody bisa dilakukan dengan langkah-langkah sederhana. Pertama, pilih handbody berkualitas tinggi tanpa bahan berbahaya. Tes pada bagian kecil tas sebelum aplikasi.

Pastikan tas bersih dari debu. Aplikasikan handbody secara merata menggunakan kain lembut. Gosok dengan gerakan melingkar untuk meratakan dan memberikan kilau alami. Biarkan tas mengering secara alami dan hindari sinar matahari langsung.

Ulangi proses ini secara berkala untuk menjaga kelembutan dan kilau tas kulit. Perhatikan petunjuk perawatan dari produsen. Dengan perawatan hati-hati, tas kulit akan tetap indah dan lembut.

5. Pake Obat Pencegah Jamur Sebagai Cara Membersihkan Tas yang Berjamur

Cara Membersihkan Tas yang Berjamur - membersihkan tas kulit
Pake Obat Pencegah Jamur Sebagai Cara Membersihkan Tas Kulit

Ketika tas udah kering dan bersih, langkah selanjutnya adalah memoleskan obat pencegah jamur. Produk ini biasanya udah dilengkapi sama sikat atau spons biar kita gampang bersihin jamurnya.

6.Cuka Putih sebagai Pilihan

Terakhir, cara membersihkan tas yang berjamur adalah dengan memakai cuka putih. Cuka putih, yang biasanya kita pake buat masak, bisa jadi solusi ampuh buat bersihin jamur di tas.

Campur cuka putih sama air, pakai lap yang dicelupkan ke dalam larutan itu buat bersihin bagian yang berjamur. Setelah jamur hilang, cuci dan jemur tas sampai kering buat ngilangin aroma cuka.

Dengan beberapa langkah simpel ini, tas yang berjamur bisa kita bersihin tanpa harus mengganti tas baru. Jangan lupa, tetap perhatiin kelembapan ya, dan lakukan pembersihan secara rutin supaya jamur gak berani datang lagi ke tas kesayangan kita.

Semoga bermanfaat, geng! Cara Membersihkan Tas yang Berjamur – Bisa Seperti Baru Lagi – Shalys Chan

Also Read

Bagikan:

Tags

Tinggalkan komentar