Ajaib! Inilah 6 Cara Memutihkan Baju Putih yang Sudah Kusam dan Menguning

Shalys Chan

Cara Memutihkan Baju Putih yang Sudah Kusam dan Menguning - cara memutihkan baju putih yang sudah kuning

Cara Memutihkan Baju Putih yang Sudah Kusam – Hayo ngaku, siapa yang ingin tahu cara memutihkan pakaian putih yang menguning? Pakaian putih yang sudah lama dan lusuh biasanya akan menguning. Dalam bahasa jawanya adalah ‘mangkak’.

Inilah Cara Memutihkan Baju Putih yang Sudah Kusam dan Menguning

Pakaian putih memang rentan sekali terkena kotoran. Sedikit saja terkena debu, pastilah langsung kelihatan. Bukan hanya itu, baju putih ini juga adalah baju yang paling sensitif di antara warna baju lainnya. Kalau sudah lama, warna pun akan memudar dan kusam.

Tentu hal ini akan meruntuhkan rasa percaya diri. Namun, daripada di buang, cobalah beberapa cara memutihkan baju putih yang sudah kusam dan menguning. Seperti baju sekolah, mukena putih, dan lain sebagainya.

Tips mencuci baju putih ini tentu berbeda dengan cara mencuci baju bekas hasil beli di toko thrift ataupun baju bekas pemberian orang. Ini khusus diaplikasikan pada baju putih saja. Apa saja cara-caranya? Kamu bisa simak artikel di bawah ini.

1. Cara Memutihkan Baju Dengan Garam

Cara memutihkan baju putih yang menguning yang pertama adalah dengan menggunakan garam. Pasti semua punya garam di dapur masing-masing, kan? Nah, Garam ini tidak hanya untuk memberi rasa asin pada makanan. Tapi juga bisa kamu manfaatkan sebagai cara memutihkan baju putih yang sudah kusam.

Cara Memutihkan Baju Putih yang Sudah Kusam dan Menguning - cara memutihkan baju putih yang sudah kuning - Cara Memutihkan Baju Dengan Garam
Cara Memutihkan Baju Dengan Garam

Cara Memutihkan Baju denga Garam ini cukup simple. Kamu hanya perlu sedikit garam dapur dan tenaga untuk bisa melakukan cara memutihkan baju putih yang menguning. Lantas bagaimana cara memutihkan baju dengan garam?

Di bawah ini adalah beberapa cara mememutihkan baju dengan garam:

  1. Ambil garam secukupnya.
  2. Larutkan garam dengan air dingin.
  3. Masukkan pakaian putih yang menguning tadi.
  4. Rendam pakaian untuk cara memutihkan baju dengan garam selama kurang lebih satu jam.
  5. Cuci baju putih tadi seperti mencuci biasa.

2. Cara Memutihkan Baju Putih yang Sudah Kusam dengan Micin

Bukan hanya garam yang bisa dijadikan sebagai cara memutihkan baju putih yang sudah kuning. Ternyata micin juga bisa digunakan sebagai cara memutihkan pakaian putih yang menguning.

Cara Memutihkan Baju Putih yang Sudah Kusam dan Menguning - cara memutihkan baju putih yang sudah kuning - Cara Memutihkan Baju Putih yang Sudah Kusam dengan Micin
Cara Memutihkan Baju Putih yang Sudah Kusam dengan Micin

Bagaimana cara cuci baju putih menggunakan micin? Yuk simak artikel di bawah ini untuk tahu bagaimana proses micin bisa digunakan untuk memutihkan baju putih:

  1. Ambil micin secukupnya.
  2. Larutkan micin tadi dengan air dingin. Jangan pakai air panas ya.
  3. Masukkan pakaian putih atau mukena putih yang menguning tadi.
  4. Rendam baju putih selama kurang lebih satu jam dengan larutan micin.
  5. Terakhir, cara memutihkan baju dengan micin yaitu dengan cuci baju putih tadi seperti mencuci biasa.

3. Gunakan Cuka Putih untuk Memutihkan Baju Putih

Selain menggunakan bahan pemutih pakaian yang dijual bebas di toserba, kamu juga bisa memanfaatkan cuka putih untuk memutihkan baju putih. Di bawah ini adalah cara memutihkan baju putih yang sudah kusam dengan menggunakan cuka putih:

  1. Ambil cuka putih dan tuangkan pada seember air panas
  2. Masukan pakaian putih. Aduk sampai semua kain terendam dalam larutan cuka.
  3. Pakailah tongkat saat mengaduk agar tangan tetap aman.
  4. Rendam pakaian minima l1 jam.
  5. Bilas pakaian atau cuci di mesin cuci.
  6. Keringkan baju yang sudah dicuci tersebut.

Cara memutihkan baju yang menguning dengan menggunakan cuka putih ini cukup ampuh hasilnya dan caranya pun sangat mudah. Bahkan tidak perlu digosok. Dengan cara tersebut, baju putuh yang sudah kusam, menguning, dan tidak enak dipandang akan kembali putih, bersih, dan berkilau.

4. Cara Mencuci Baju Putih yang Menguning dengan Jeruk Nipis

Ada lagi bahan dapur yang bisa digunakan sebagai cara memutihkan baju putih yang sudah kusam dan menguning. Yaitu dengan menggunakan Jeruk nipis.

Cara Memutihkan Baju Putih yang Sudah Kusam dan Menguning - cara memutihkan baju putih yang sudah kuning - Cara Mencuci Baju Putih yang Menguning dengan Jeruk Nipis
Cara Mencuci Baju Putih yang Menguning dengan Jeruk Nipis

Bagaimana cara memutihkan baju putih yang sudah kusam dengan Jeruk Nipis? Baca caranya di bawah ini:

  1. Ambil jeruk nipis dan potong menjadi empat bagian.
  2. Peras jeruk nipis untuk cara memutihkan baju putih dengan jeruk nipis.
  3. Tambahkan air secukupnya.
  4. Rendam baju putihmu pada larutan jeruk nipis.
  5. Cuci baju putih seperti memcuci pada umumnya.

5. Cara Memutihkan Baju Putih yang Sudah Kusam dengan Sunlight

Setelah tadi kalian mengetahui cara memutihkan baju putih yang menguning menggunakan bahan dapur, kali ini kita membahas cara memutihkan baju putih yang sudah kusam dan menguning dengan sunlight.

Cara Memutihkan Baju Putih yang Sudah Kusam dan Menguning - cara memutihkan baju putih yang sudah kuning - Cara Memutihkan Baju Putih yang Sudah Kusam dengan Sunlight
Cara Memutihkan Baju Putih yang Sudah Kusam dengan Sunlight

Ternyata Sunlight tidak hanya digunakan untuk mencuci piring. Kalian juga bisa menggunakan sunlight sebagai cara memutihkan baju putih yang sudah kuning seperti baju sekolah, kemeja putih, atau mukena putih.

Bagaimana ya cara memutihkan baju putih yang sudah kusam dan kuning dengan Sunlight? Di bawah ini adalah beberapa cara cara memutihkan baju putih yang menguning dan kusam dengan sunlight:

  1. Ambil pakaian putih yang menguning.
  2. Rendam menggunakan detergen seperti biasa.
  3. Tambahkan satu sendok sunlight ke dalam rendaman baju putih tadi.
  4. Rendam selama kurang lebih setengah jam. 
  5. Selanjutnya, untuk cara memutihkan baju dengan sunlight yaitu dengan meneruskan cucian seperti biasanya.

6. Cara Memutihkan Pakaian dengan Sitrun

Apakah baju putih kesayanganmu mulai terlihat kusam? Jangan khawatir, kamu bisa mengembalikan kilau putihnya dengan bantuan bahan alami yang mudah ditemukan, yaitu sitrun!

Dalam tutorial ini, kami akan mengajarkan cara memanfaatkan sitrun untuk memutihkan kembali pakaian yang telah kehilangan kecerahannya. Simak langkah-langkahnya di bawah ini.

Bahan yang Diperlukan untuk Mencuci Baju dengan Sitrun:

  • Pakaian putih yang kusam
  • Sitrun segar
  • Air hangat
  • Mangkuk besar
  • Cairan pemutih pakaian (opsional)
  • Mesin cuci atau wadah besar


Cara Memutihkan Baju Putih yang Sudah Kusam dengan Sitrun

Bagaimana cara memutihkan pakaian dengan sitrun? Intip tipsnya di bawah ini.

1. Persiapan Baju dan Bahan

Siapkan semua bahan dan pakaian yang ingin kamu memutihkan. Periksa label pakaian untuk memastikan bahan dan perawatan yang direkomendasikan. Pastikan pakaian kamu aman untuk direndam dalam air dan bahan lainnya.


2. Persiapan Larutan Sitrun

Potong beberapa sitrun dan peras jusnya ke dalam mangkuk besar. Tambahkan air hangat ke dalam mangkuk dengan jus sitrun. Rasio ideal adalah 1 bagian jus sitrun untuk 4 bagian air hangat. Kamu bisa menyesuaikan jumlah jus sitrun sesuai dengan banyaknya pakaian yang ingin kamu rendam.


3. Rendam Pakaian

Masukkan pakaian yang ingin kamu putihkan ke dalam larutan jus sitrun dan air hangat.
Pastikan semua pakaian terendam sepenuhnya. Biarkan pakaian merendam selama minimal 1-2 jam. Jika baju sangat kusam, kamu bisa merendamnya semalam.


4. Tahap Pencucian

Setelah merendam, lepaskan air rendaman dan bilas pakaian dengan air bersih.
Jika kamu merasa perlu, kamu bisa mencuci pakaian dengan mesin cuci menggunakan deterjen atau cairan pemutih pakaian yang biasa kamu gunakan.


5. Pemanfaatan Sinar Matahari

Jemur pakaian di bawah sinar matahari. Paparan sinar matahari membantu memutihkan dan memerahkan kembali serat pakaian. Pastikan pakaian tidak terkena sinar matahari langsung terlalu lama, terutama jika bahan pakaian rentan terhadap kerusakan akibat sinar UV.


6. Penyelesaian

Setelah pakaian kering, periksa hasilnya. Seharusnya kamu melihat perubahan signifikan dalam kecerahan pakaian.

Jika perlu, ulangi proses ini beberapa kali untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal.
Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, kamu dapat mengembalikan kilau putih pada pakaian kusammu dengan menggunakan sitrun.

Ingatlah untuk selalu melakukan uji coba terlebih dahulu pada bagian kecil pakaian sebelum melakukannya pada seluruh pakaian

Penutup – Cara Memutihkan Baju Putih yang Sudah Kusam dan Menguning – Check it out

Itu tadi beberapa cara memutihkan pakaian putih yang menguning mulai dari bahan alami sampai sunlight. Kamu bisa pilih salah satu cara dengan menyesuaikan bahan yang kamu miliki di rumah. Semoga bermanfaat.  Cara Memutihkan Pakaian Putih yang Menguning By Shalys Chan.

Also Read

Bagikan:

Tinggalkan komentar