10 Cara Merawat Tas Kulit Supaya Tidak Terkelupas dan Tetap Awet

Shalys Chan

10+ Cara Merawat Tas Kulit Supaya Tidak Terkelupas dan Tetap Awet

Cara Merawat Tas Kulit Supaya Tidak Terkelupas – Siapa yang nggak tahu tas kulit, ya? Tas keren ini memang jadi favorit banyak orang, terutama yang suka fashion. Soalnya, pake tas kulit bisa bikin gaya makin keren, jadi bangga sendiri.

Apalagi kalau tas kulit yang kamu punya tuh asli, bukan yang palsu. Tas kulit asli ini punya tekstur alami yang beda-beda tiap potongannya. Makanya, tas kulit asli itu istimewa banget, harganya juga nggak main-main.

Tapi karena detilnya yang beda dari tas kain biasa, kamu perlu banget ngasih perhatian ekstra buat merawat tas kulit asli. Biar tas kulit kamu tetap tahan lama dan kelihatan kece selalu, ini dia beberapa tips cara merawat tas kulit asli yang wajib kamu coba.

Baca Juga : Cara Memilih Bahan Tas yang Bagus dan Berkualitas

Inilah Cara Merawat Tas Kulit Supaya Tidak Terkelupas

Agar tas kulit asli tetap memiliki daya tahan yang baik, perawatan harus dilakukan dengan teliti. Berikut ini disajikan beberapa panduan merawat tas kulit asli yang dapat diterapkan agar tetap awet dan dapat dinikmati dalam waktu yang lama:

1. Hindarkan dari Air dan Sinar Matahari Langsung

Cara merawat tas kulit supaya tidak terkelupas yang pertama adalah dengan menghindarkan pada air dan sinar matahari langsung.

cara merawat tas kulit supaya tidak terkelupas - cara merawat tas agar tidak mengelupas - pelembab tas kulit
Hindarkan dari Air dan Sinar Matahari Langsung

Saat kamu sedang berkegiatan di luar ruangan sambil membawa tas kulit, sebaiknya hindari agar tas tidak terpapar langsung sinar matahari dalam durasi yang lama.

Hal ini karena paparan sinar matahari dapat menyebabkan warna kulit tas memudar seiring waktu, mengakibatkan tampilan tas menjadi kurang menarik.

Tidak hanya itu, perlu juga untuk menjauhkan tas kulit dari air dan daerah yang memiliki kelembaban tinggi.

Hal ini dikarenakan bahan kulit yang terpapar air dan kelembaban dalam waktu yang lama dapat menjadi tempat yang kondusif untuk pertumbuhan jamur pada tas kamu.

2. Kena Air? Segera Keringkan

Jika secara tidak sengaja tas kulitmu basah terkena air, pastikan untuk segera mengeringkannya dengan cepat. Langkah ini sangat penting untuk mencegah kulit pada tas mengalami kerusakan akibat pengelupasan.

3. Hindari Mengisi Tas Terlalu Penuh

cara merawat tas kulit supaya tidak terkelupas - cara merawat tas agar tidak mengelupas - pelembab tas kulit
Hindari Mengisi Tas Terlalu Penuh

Mengisi tas dengan kapasitas yang berlebihan dapat mengakibatkan kulit meregang dan mengelupas. Sebaiknya, isi tas hanya sesuai kebutuhan dan hindari membawa barang-barang berat.

4. Pakai Cairan Pembersih Khusus Tas Kulit

Berbeda dengan tas kain biasa, sebaiknya hindari mencuci tas kulit dengan menggunakan deterjen. Penggunaan cairan pembersih yang mengandung bahan kimia tinggi dapat merusak material tasmu.

Lebih baik pilihlah cairan pembersih khusus yang dirancang untuk tas kulit. Alternatif lainnya adalah menggunakan cairan baking powder yang dicampur air hangat, rubbing alcohol, cuka putih, atau sari lemon untuk membersihkan noda pada tas kulit.

Untuk informasi lebih rinci, disarankan mengikuti petunjuk dari para ahli atau penggemar fashion untuk metode penggunaan bahan pembersih tas kulit yang tepat.

Cara Merawat Tas Agar Tidak Mengelupas ….

5. Pakai Kain Microfiber Pas Bersihkan

Cara merawat tas agar tidak mengelupas selanjutnya adalah dengan pakai kain microfiber saat membersihkan. Lakukan pembersihan pada permukaan tas menggunakan kain microfiber yang lembut setelah menemukan pembersih yang sesuai.

cara merawat tas kulit supaya tidak terkelupas - cara merawat tas agar tidak mengelupas - pelembab tas kulit
Pakai Kain Microfiber Pas Bersihkan

Basahi kain microfiber dengan sedikit air dan gunakan untuk mengusap kulit tas dengan lembut, sehingga debu dapat terangkat. Penting untuk menghindari penggunaan sikat saat membersihkan tas kulit.

Disarankan untuk melakukan pembersihan tas kulit secara teratur. Jika sering digunakan, sebaiknya dibersihkan minimal satu kali seminggu atau langsung diperhatikan dan dibersihkan jika terdapat noda.

Untuk kesiapan lebih lanjut, sebaiknya selalu membawa tisu basah ketika bepergian. Dengan begitu, kamu dapat melakukan perawatan cepat dan praktis.

Lebih baik lagi jika tisu basah yang digunakan adalah leather wipes yang dirancang khusus untuk perawatan bahan kulit.

6. Masukkan Tas ke Bubble Wrap – Cara Merawat Tas Kulit Supaya Tidak Terkelupas

Masukkan bubble wrap atau bantal khusus di dalam tas untuk menjaga bentuknya tetap terjaga dan utuh saat tas tidak digunakan. Tindakan ini dapat memberikan dukungan pada desain tas, mencegah terbentuknya lipatan yang mungkin mengurangi keindahan tas.

7. Hindari Kontak dengan Warna yang Sangat Gelap

Jika tas kulit memiliki warna cerah, hindari kontak langsung dengan pakaian atau benda berwarna sangat gelap. Warna gelap dapat mentransfer ke tas kulit dan sulit dihilangkan.

8. Cara Menyimpan Tas Agar Awet dengan Tidak Menumpuknya

cara merawat tas kulit supaya tidak terkelupas - cara merawat tas agar tidak mengelupas - pelembab tas kulit
Cara Menyimpan Tas Agar Awet dengan Tidak Menumpuknya

Simpan tas kulit asli dengan cara diletakkan tegak dan tertata rapi di dalam rak atau lemari. Hal ini diperlukan karena menyimpan tas dengan menumpuk bersama tas lain berpotensi merusak bentuk tas kulit.

9. Hindari Suhu Ekstrem

Jauhi suhu ekstrem, baik yang terlalu panas maupun terlalu dingin. Suhu ekstrem dapat memengaruhi kelembaban kulit dan merusak struktur seratnya.

10. Jika Tidak Dipakai, Simpan pada Dust Bag

Simpanlah tas dalam dust bag atau pouch kain ketika tidak sedang digunakan, terutama jika tidak akan digunakan dalam jangka waktu yang lama. Dust bag digunakan untuk mencegah debu menumpuk pada permukaan tas.

Namun, sesekali keluarkan tas dari dust bag agar dapat mendapatkan sirkulasi udara dan mencegah kelembapan serta pertumbuhan jamur.

11. Pakai Pelembab Tas Kulit Khusus

Menggunakan lotion yang dirancang khusus untuk merawat kulit tas merupakan salah satu metode yang tepat untuk menjaga keindahan dan keawetan tas agar tidak cepat mengelupas.

cara merawat tas kulit supaya tidak terkelupas - cara merawat tas agar tidak mengelupas - pelembab tas kulit
Pakai Pelembab Tas Kulit Khusus

Tidak hanya bermanfaat untuk memelihara kelenturan kulit tas, tetapi juga dapat menjaga agar warna tas kulit tetap cerah dan tidak pudar.

Tips Tambahan Agar Tas Kulit Tetap Awet dan Tidak Mengelupas

  • Jika tas kulit terkena noda, segera bersihkan dengan kain microfiber yang dibasahi dengan air sabun.
  • Untuk noda yang membandel, kamu dapat membawanya ke profesional untuk dibersihkan.
  • Hindari menggunakan produk-produk yang mengandung alkohol atau bahan kimia keras pada tas kulit.

Baca Juga : Pola dan Cara Membuat Tas Tote Bag Kain Kanvas dan Lainnya

Penutup – Cara Merawat Tas Kulit Supaya Tidak Terkelupas dan Tetap Awet

Dalam merawat tas kulit supaya tidak terkelupas, perlu adanya perhatian khusus untuk menjaga keindahan dan keawetan tas.

Mulai dari menjauhkan tas dari air dan sinar matahari langsung, hingga menghindari pengisian tas terlalu penuh yang dapat merusak kulitnya.

Selain itu, penggunaan cairan pembersih khusus dan kain microfiber lembut menjadi langkah penting dalam menjaga kebersihan dan keelokan tas.

Masukkan juga tas ke dalam bubble wrap atau dust bag ketika tidak digunakan, serta hindari suhu ekstrem yang dapat merusak kulit.

Penggunaan pelembab khusus tas kulit juga dapat membantu menjaga kelembaban dan warna tas. Dengan perawatan yang teliti dan teratur, tas kulit akan tetap terjaga kecantikannya dan tidak akan mengalami kelupasan. Shalys Chan

Also Read

Bagikan:

Tags

Tinggalkan komentar