Tas Kulit Sintetis Mengelupas? Inilah Cara Memperbaikinya

Shalys Chan

Cara Pemperbaiki Tas Kulit Sintetis yang Mengelupas

Cara Memperbaiki Tas Kulit Sintetis yang Mengelupas – Tas merupakan salah satu aksesoris penting yang menunjang penampilan.

Tapi, gimana jadinya kalau tas kesayanganmu, terutama yang terbuat dari kulit sintetis, tiba-tiba mengelupas? Duh, pasti bete banget ya!

Eits, jangan panik dulu! Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk memperbaiki tas kulit sintetis yang mengelupas. Tenang, caranya gak ribet kok. Simak artikel ini sampai tuntas untuk mengetahui solusinya!

Baca Juga : 10 Cara Merawat Tas Kulit Supaya Tidak Terkelupas dan Tetap Awet

Kenapa Tas Kulit Sintetis Mengelupas?

Sebelum membahas cara memperbaikinya, yuk kenali dulu penyebab tas kulit sintetis mengelupas. Ada beberapa faktor yang bisa memicunya, antara lain:

  • Kualitas bahan. Tas dengan bahan kulit sintetis yang kurang berkualitas lebih mudah mengelupas.
  • Perawatan yang tidak tepat. Paparan sinar matahari langsung, panas berlebihan, dan penggunaan produk pembersih yang salah bisa merusak lapisan kulit sintetis.
  • Usia. Seiring waktu, bahan kulit sintetis akan alami degradasi dan mulai mengelupas.

Langkah-langkah Memperbaiki Tas Kulit Sintetis Mengelupas

Bagaimana cara memperbaiki tas kulit sintetis yang mengelupas? Yuk lakukan langkah di bawah ini:

Bersihkan Tas

Langkah pertama adalah membersihkan tas dari kotoran dan debu. Gunakan kain microfiber yang lembab untuk membersihkan permukaan tas.

Bersihkan tas kulit sintetis yang mengelupas menggunakan lap microfiber
Langkah-langkah Memperbaiki Tas Kulit Sintetis Mengelupas

Pakai kain lembut yang telah dibasahi dengan air hangat dan sedikit sabun ringan. Hindari penggunaan sabun atau deterjen keras karena bisa merusak bahan.

Gunakan Penghapus Pensil atau Ampelas Halus

Jika pengelupasan masih terbatas pada area kecil, kamu dapat mencoba menggunakan penghapus pensil atau ampelas halus untuk menghilangkan lapisan yang terkelupas dengan hati-hati.

Gunakan Pelembap

Kulit sintetis yang kering dan kusam lebih mudah mengelupas. Untuk melembapkannya, kamu bisa menggunakan produk khusus pelembap kulit sintetis. Oleskan secara merata pada permukaan tas dengan kain microfiber.

Aplikasikan Lem atau Perekat Khusus Kulit Sintetis

Aplikasikan Lem atau Perekat Khusus Kulit Sintetis
Aplikasikan Lem atau Perekat Khusus Kulit Sintetis

Untuk area yang lebih luas, gunakan lem atau perekat khusus kulit sintetis. Pastikan produk yang kamu pilih sesuai dengan warna tasmu. Oleskan lem secara merata dan ratakan dengan spatula plastik.

Samarkan Bagian yang Mengelupas

Jika pengelupasan sudah cukup parah, kamu bisa menyamarkannya dengan beberapa cara:

  • Cat semprot. Gunakan cat semprot khusus untuk kulit sintetis yang tersedia di toko bahan kulit. Pilih warna yang sesuai dengan tasmu.
  • Spidol. Gunakan spidol khusus untuk kulit sintetis untuk mewarnai bagian yang mengelupas.
  • Kertas timah. Tempelkan kertas timah pada bagian yang mengelupas untuk memberikan efek kilap.

Lakukan Perawatan Tas yang Tepat

Agar tas kulit sintetismu awet dan tahan lama, lakukan beberapa tips berikut:

Hindari Paparan Langsung Matahari

Tempatkan tasmu di tempat yang tidak terpapar langsung sinar matahari untuk mencegah kerusakan lebih lanjut. Sinar matahari dapat mempercepat proses pengelupasan.

Gunakan Pelindung atau Coating Khusus

Setelah proses perbaikan, gunakan pelindung atau coating khusus untuk kulit sintetis. Ini membantu melindungi tas dari kerusakan lebih lanjut dan memberikan lapisan tambahan.

Hindari Penggunaan Bahan Pembersih yang Berbahaya

Pastikan untuk menggunakan pembersih yang dirancang khusus untuk tas kulit sintetis. Bahan kimia keras dapat merusak lapisan dan menyebabkan pengelupasan lebih lanjut.

Simpan Tas dengan Benar

Cara Memperbaiki Tas Kulit Sintetis yang Mengelupas
Jangan Lupa Simpan Tas dengan Benar

Simpan tas kulit sintetismu di tempat yang tepat dan hindari penyimpanan yang terlalu ketat atau berdesakan. Hindari kontak dengan barang-barang tajam yang dapat merusak permukaan tas.

Beri Pelembab Secara Rutin

Memberikan pelembap secara rutin adalah langkah penting dalam merawat kulit, tidak hanya untuk wajah tetapi juga untuk bagian tubuh lainnya. Pelembap membantu menjaga kelembapan kulit, mencegah kekeringan, dan memberikan nutrisi yang diperlukan.


Tips Tambahan – Cara Pemperbaiki Tas Kulit Sintetis yang Mengelupas

  • Jika kamu tidak yakin dengan cara memperbaiki tas yang mengelupas, sebaiknya bawa ke tukang reparasi tas profesional.
  • Untuk hasil yang lebih maksimal, gunakan produk perawatan kulit sintetis berkualitas.
  • Pilih tas kulit sintetis dengan kualitas bahan yang baik agar lebih tahan lama.

Tanya Jawab Seputar Cara Pemperbaiki Tas Kulit Sintetis yang Mengelupas

Q: Bisakah tas kulit sintetis yang mengelupas dikembalikan ke kondisi semula?

A: Tergantung tingkat keparahan pengelupasan. Jika pengelupasan masih ringan, kamu bisa menyamarkannya dengan cara-cara di atas. Namun, jika pengelupasan sudah parah, kemungkinan besar tas tidak bisa dikembalikan ke kondisi semula.

Q: Apa saja produk pelembap yang bisa digunakan untuk tas kulit sintetis?

A: Ada banyak produk pelembap khusus untuk kulit sintetis yang tersedia di pasaran. Kamu bisa memilih produk yang sesuai dengan kebutuhan dan budgetmu.

Q: Berapa biaya untuk memperbaiki tas kulit sintetis yang mengelupas?

A: Biaya perbaikan tergantung pada tingkat keparahan pengelupasan dan jenis perbaikan yang dilakukan. Sebaiknya tanyakan langsung kepada tukang reparasi tas untuk mendapatkan perkiraan biaya.

Baca Juga : Cara Membersihkan Tas Kulit dengan Handbody Lotion

Kesimpulan – Cara Pemperbaiki Tas Kulit Sintetis yang Mengelupas Kembali Seperti Baru

Tas kulit sintetis yang mengelupas memang menyebalkan. Tapi, jangan buru-buru dibuang! Dengan mengikuti tips pemperbaikan di atas, kamu dapat mengembalikan keindahan tas kulit sintetismu yang mengelupas.

Penting untuk merawat tas dengan hati-hati dan menggunakan produk yang tepat agar dapat menikmati tas kesayanganmu dalam jangka waktu yang lebih lama.

Jangan lupa untuk selalu membersihkan tas secara teratur dan hindari faktor-faktor yang dapat merusaknya. Semoga artikel ini bermanfaat dan membantu mengatasi masalah pengelupasan pada tas kulit sintetismu

Also Read

Bagikan:

Tags

Tinggalkan komentar