Pola Rok Lilit Hingga Model dan Cara Pakai Rok Lilit Lengkap

Shalys Chan

Pola Rok Lilit Hingga Model dan Cara Pakai Rok Lilit Lengkap
Pola Rok Lilit Hingga Model dan Cara Pakai Rok Lilit Lengkap

Pola Rok Lilit – Salah satu fashion style yang pernah melegenda dan mungkin tidak ada masa kedaluarsanya adalah rok lilit. Rok ini sangat cocok dipakai sebagai setelan kebaya. Penampilannya memang agak formal, tapi kamu juga bisa pakai rok lilit pada saat santai. Bahkan ke pantai pun bisa

Formal tidaknya penampilan rok lilit, tentu dipengaruhi oleh motif dan bahan kain itu sendiri. Jika kita memakai rok lilit kebaya atau rok lilit batik, ya kesannya memang formal. Cocok untuk pergi kondangan.

Lain lagi jika kita pakai rok lilit polos atau rok lilit batik dari kain rayon yang mempunyai karakteristik adem dan jatuh. Pasti kesan formal pun menghilang dan terganti dengan kesan santai nan ceria.

Rok Lilit – Rok yang Cocok untuk Berbagai Acara dan Suasana

Buat kamu yang sedang penasaran dengan rok lilit, atau ingin membuat rok lilit sendiri, artikel kali ini lengkap menyajikan seputar cara membuat rok lilit, cara pakai rok lilit, beberapa model rok lilit, sampai pada kisaran harga rok lilit.

Cara Membuat Rok Lilit

Sebenarnya tidak ada cara khusus dalam cara membuat rok lilit modern ini. Karena sejatinya rok lilit adalah pakaian bawahan perempuan yang terbentuk hanya dari selembar kain yang panjang tanpa pola atau jahitan. Dinamakan rok lilit karena cara pakai rok lilit ini cukup dililitkan ke pinggang.

Namun, di sini aku akan mencoba membahas cara membuat rok lilit sebagai gambaran kalian untuk menjahit atau membuat rok lilit sendiri di rumah. — Pola Rok Lilit Hingga Model dan Cara Pakai Rok Lilit Lengkap —

Pola Rok Lilit

Pola rok lilit tentu berbeda dengan pola mukena bagian bawah. Jika rok mukena dijahit samping kanan kiri, rok lilit ini hanya membentang persegi dan diperi tambahan tali untuk menyematkannya di badan.

Pola Rok Lilit
Pola Rok Lilit

Keterangan Pola Rok Lilit:

  • AB = CD : Lebar rok lilit = 200 cm
  • AC = BD : Panjang rok lilit = 150 cm
  • AE = BE : Panjang tali rok lilit = Kurang lebih 30 cm

Ukuran Kain untuk Rok Lilit Agar Hasil Bisa Rapi

Berapa meter kain untuk membuat rok kebaya atau rok lilit kebaya? Sesuai pada gambar pola rok lilit di atas, kita memerlukan setidaknya 150×200 cm untuk membuat rok lilit kebaya. Bisa kurang, bisa lebih. Namun tentu hasil akhirnya tidak sama.

Ukuran kain untuk rok lilit dewasa pastinya tidak akan sama dengan ukuran kain untuk rok lilit anak-anak. Untuk rok lilit pendek selutut, kamu bisa sediain kain persegi panjang dengan ukuran 90 x 180.

Untuk pola rok lilit tali ukuran kecil ini kamu bisa pakai 30 cm untuk panjang tali dan 6 cm untuk lebar tali yang nantinya akan ditekuk menjadi 2.

Bagaimana Cara Memakai Rok Lilit?

Cara pakai rok lilit bisa dikatakan ribet-ribet mudah. Mudah karena cara pakai rok lilit ini hanya perlu satu lembar kain yang kemudian dililitkan tanpa perlu dijahit dan hanya dikelim pinggir saja. Ribet karena harus meluangkan sedikit waktu untuk membentuk gelombang rok lilit modern.

Cara Pakai Rok Lilit

Meski cara pakai rok lilit sudah bisa kita bayangkan, tapi di sini aku sediakan beberapa ilustrasi cara pakai rok lilit untuk mempermudah memakai rok lilit dengan benar.

Cara Pakai Rok Lilit Model 1

Cara Pakai Rok Lilit Model 1
Cara Pakai Rok Lilit Model 1
  • Pakai rok lilit dengan sisi kanan lebih panjang daripada sisi kiri.
  • Ambil sisi kiri sebagai penutup rok atau bagian depan rok.
  • Masukkan tali kiri ke dalam gasper ring. Tarik sampai rok lilit terbentuk.
  • Ikatkan sisa tali rok lilit tadi dengan memutarnya ke belakang pinggang dan temukan dengan tali rok lilit bagian kanan.

Cara Pakai Rok Lilit Model 2

Cara Pakai Rok Lilit Model 2
Cara Pakai Rok Lilit Model 2
  • Pakailah kain rok lilit dengan bagian kanan kiri sama panjang.
  • Serut manual dengan menggunakan tangan.
  • Putar ujung kanan ke belakang melewati ujung kiri.
  • Putar ujung kiri rok lilit melewati ujung kanan.
  • Pertemukan kedua ujung rok lilit dan ikat di bagian belakang.

Cara Pakai Rok Lilit Model 3 – Pola Rok Lilit

Pola Rok Lilit, cara pakai rok lilit, cara membuat rok lilit, rok lilit batik. rok lilit modern, rok lilit polos, rok lilit kebaya, harga rok lilit, harga rok lilit batik
Cara Pakai Rok Lilit Model 3
  • Pakai rok lilit seperti biasa.
  • Hubungkan kedua ujung rok lilit dengan memasukkannya ke dalam ring gasper.
  • Tarik tali bergiliran. Rapikan sampai membentuk juntaian.
  • Lingkarkan kedua tali ke belakang dan ikat di pinggang belakang.

Pola Rok Lilit Modern

Rok Lilit Modern
Rok Lilit Modern

Seperti apa rok lilit modern itu? Sebenarnya tidak ada rok lilit modern, yang ada adalah rok draperi yang jika dipakai, penampilannya bisa sama persis dengan hasil rok lilit. Jadi kita tidak perlu susah untuk mengetahui cara pakai rok lilit tali. Orang biasa menyebut ini dengan sebutan rok lilit modern.

Rok Lilit Batik

Pola Rok Lilit Hingga Model dan Cara Pakai Rok Lilit Lengkap
Rok Lilit Batik

Sesuai namanya, rok lilit ini tentu terbuat dari kain batik. Banyak sekali rok lilit batik yang dijual di marketplace dengan motif batik yang memukau. Ada rok lilit batik Pekalongan, rok lilit batik pelepah pisang Sulawesi, rok lilit batik songket dan lainnya.

Rok lilit batik ini sangat cocok digunakan untuk acara resmi. Seperti acara pernikahan, wisuda, sampai pada perayaan hari tertentu, hari kartini misalnya. Rok lilit batik biasanya dipadukan dengan blouse atau atasan berbahan brukat atau bisa juga dengan bahan lain yang polos tanpa motif.

Rok Lilit Kebaya

Pola Rok Lilit Hingga Model dan Cara Pakai Rok Lilit Lengkap
Rok Lilit Kebaya

Sama halnya dengan rok lilit batik, rok lilit kebaya ini juga cocok dipakai dalam acara resmi, seperti wisuda atau pernikahan. Rok lilit kebaya ini tentu mengusung model kebaya sebagai setelan. Bisa memakai atasan kebaya moder, kebaya kutubaru, dan lainnya.

Pola Rok Lilit Polos

Pola Rok Lilit, cara pakai rok lilit, cara membuat rok lilit, rok lilit batik. rok lilit modern, rok lilit polos, rok lilit kebaya, harga rok lilit, harga rok lilit batik
Rok Lilit Polos

Namanya saja rok lilit polos, tentu penampilannya juga polos tanpa motif bunga atau seperti halnya rok lilit batik. Kamu bisa membuat rok lilit polos berbahan satin, roberto cavali, ataupun viscose. Rok lilit polos ini bisa dipadukan dengan kebaya batik atau brukat.

Pola Rok Lilit yang Dijahit – Cara Membuat Pola Rok Lilit Dijahit

Jika cara membuat rok lilit yang pakai tali dan gesper sedikit membuatmu kurang nyaman dan fleksibel, kamu bisa membuat sendiri rok lilit instan di rumah. Bagaimana pola rok lilit instan? Keterangannya ada di bawah ini:

  • Buat pola rok span seperti biasa. Ukuran panjang rok dan lingkar pinggal pinggul, sesuaikan saja dengan ukuranmu.
  • Bikin pola belakang 2 potong dan pola depan 1 potong lengkap (Kanan kiri tanpa terpotong tengahnya). Jika ingin membuat rok lilit instan dengan retsletting belakang, ikuti saja polanya di bawah ini.
cara membuat rok lilit sendiri
  • Jika ingin pola rok lilit instan resleting depan maka pola bagian belakang tidak usah diberi lebihan lebar 3 cm untuk retsleting. Cukup pasang retseling jepang pada bagian samping depan.
  • Bikin pola rok lilit yang dijahit sama persis dengan pola depan tadi 1 lapis saja. Hanya saja tambahin tengahnya selebar 30 cm. Ini nantinya adalah bakal pola rok lilit instant bagian paling muka (Wiru).
Pola rok lilit instan – pola rok lilit yang dijahit
  • Lipat-lipat pada garis seperti dalam gambar.
Cara membuat pola rok lilit dijahit
  • Pasang retsleting bagian belakang.
  • Gabungkan bagian belakang dan bagian depan lalu jahit.
  • Satukan lagi hasil pola rok lilit instan yang sudah kita lipat tadi. Jangan lupa sebelumnya sudah kamu kelim kecil, ya.
  • Rapikan sampai benar-benar indah dan rapi.
  • Jahit sampai membentuk rok lilit instan sempurna.
  • Pasang ban pinggang seperti kamu memasangnya di rok biasa.

Berapa Harga Rok Lilit di Pasaran?

Untuk harga rok lilit tentu berbeda di setiap toko atau marketplace. Perbedaan harga rok lilit juga dipengaruhi oleh bahan kain rok lilit yang berbeda. Harga rok lilit batik pekalongan tentu berbeda dengan harga rok lilit batik solo.

Begitu juga dengan harga rok lilit polos. Jenis kain sangat mempengaruhi harga rok lilit polos ini. Harga rok lilit dengan bahan sutra pasti jauh lebih mahal dibanding dengan harga rok lilit dari bahan satin. Lebih pastinya, kamu bisa langsung riset pasar untuk mengetahui harga rok lilit batik atau polos.

Itu tadi pembahasan singkat namun lengkap tentang rok lilit. Ada cara membuat rok lilit, pola rok lilit, cara pakai rok lilit, rok lilit modern, rok lilit kebaya, rok lilit batik, rok lilit polos, sampai pada harga rok lilit. Bagaimana? Sudah sedikit tercerahkan?

Also Read

Bagikan:

Tinggalkan komentar